Apple iPad Picu Antrean Panjang di China

 

Beijing - Apple iPad resmi mendarat di China pada Jumat waktu setempat. Kehadiran tablet ini ternyata disambut cukup gempita, terbukti dengan mengularnya antrean di berbagai toko Apple yang ada di Negeri Tirai Bambu.

Dikutip detikINET dari Sydney Morning Herald, Sabtu (18/9/2010), toko Apple di Beijing dan Shanghai serta retail resmi di beberapa wilayah kebanjiran konsumen. Kedatangan iPad resmi ini tampaknya akan lebih diminati ketimbang iPad versi BM yang lebih dulu hadir.

Tengok saja kelakuan Han Ziwen, salah satu konsumen yang mengantre di toko Apple Beijing. Dia rela berkemah sekitar 60 jam hanya untuk memastikan mendapat antrean paling awal. Dia berambisi menjadi pembeli  pertama Apple iPad di China.

Di Shanghai, lebih dari 200 orang memadati toko Apple setempat untuk mengantre iPad. Pembeli pertama tercatat atas nama Ma Ya yang juga rela menunggu sampai beberapa jam sebelum toko buka.

Apple menjual versi Wi Fi iPad mulai harga US$593 di China, lebih mahal sedikit dari banderol di Amerika Serikat yang sebesar US$499. Namun belum ada kejelasan kapan versi 3G akan dihadirkan di China.

Barangkali untuk mencegah kehabisan stok, setiap konsumen hanya diizinkan maksimal membeli dua buah iPad. Lalu apa sebenarnya daya tarik iPad sehingga banyak konsumen di China rela mengantre?

Menurut pengamatan Shaun Rein dari China Market Research Group, sebenarnya bukan kecanggihan iPad yang jadi faktor utama, namun lebih kepada gengsi sosial jika memiliki iPad.